menjaga-kesehatan-anak-di-rumah-lakukan-10-tips-sederhana-ini-supaya-anak-anda-tetap-sehat-1024x682

Usia balita adalah masa di mana anak sedang aktif-aktifnya. Mereka melakukan apa saja tanpa tahu apa bahayanya bagi kesehatan. Saat ini Anda harus menjaga kesehatannya dengan baik agar mereka tetap bisa berekplorasi. Anda bisa mendapat info kesehatan anak dari berbagai sumber. Tapi, dasarnya, Anda hanya perlu mempraktikkan 5 hal ini.

  1. Jaga Makanan si Kecil

Pada usia balita, biasanya anak akan penasaran dengan apa yang ada di sekitar mereka. Terlebih untuk yang masih berusia di bawah tiga tahun. Mereka pasti penasaran dengan apa yang Anda makan dan ingin juga memakannya. Tapi, ingat! Tak semua bisa Anda berikan pada mereka.

Beberapa makanan yang sebaiknya tak Anda berikan adalah makanan pedas, berlemak terlalu tinggi, atau makanan yang bisa membuat mereka tersedak. Jika memberi mereka buah, usahakan memotongnya kecil-kecil terlebih dulu. Hindari juga memberikan makanan yang kelewat keras karena selain bisa membuat sembelit juga berpotensi sulit ditelan.

  1. Imunisasi

Imunisasi adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan bayi Anda. Maka dari itu, lakukanlah imunasasi wajib secara rutin. Imunisasi yang wajib diberikan adalah Polio, DPT, Hepatitis A, Hepatitis B, Influenza, Tipoid, Campak, MMR, Varisela dan Pneumokokus.

  1. Bermain dan Belajar

Isilah waktu si kecil dengan melakukan berbagai permainan yang tak hanya menyenangkan, tapi juga memberi pengajaran dan mengasah motoriknya. Mengasah motorik mampu membuat anak Anda lebih aktif bergerak dan tentu saja ini bisa membantunya menjadi lebih sehat.

  1. Waktu Tidur

Umumnya, anak usia 1-3 tahun membutuhkan waktu tidur 12-14 jam setiap harinya. Tidur yang cukup mampu membantu tubuh anak Anda menangkal penyakit serta membantu pertumbuhannya. Tidur yang cukup juga baik untuk daya ingat si kecil. Satu lagi, tidur yang tercukupi juga bisa membuat anak Anda berpikir lebih jernih.

  1. Jaga Kebersihan

Untuk anak Anda, biasakanlah mereka menjaga kebersihan dengan mencuci kaki dan tangan sebelum tidur. Ini bertujuan untuk menjaga anak dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bisa didapatnya ketika asik bermain. Bakteri-bakteri tersebut bisa menyebabkan berbagai penyakit dan bisa menular juga.

Penyakit yang umum disebabkan oleh tidak mencuci kaki dan tangan sebelum tidur disebabkan oleh virus enterovirus. Anak usia balita adalah yang berisiko paling tinggi terhadap penyakit ini. Penyakit ini ditandai dengan ruam atau bintik merah di tangan dan atau kaki. Bisa juga berupa luka melepuh. Ruam ini berisi air dan tentu saja sangat gatal.

Menjaga kesehatan anak sebenarnya gampang-gampang susah. Anda perlu waspada dan teliti pada hal apapun. Tapi, itu tidak berarti Anda membatasi ruang geraknya. Jika Anda ingin info kesehatan anak, Anda bisa menemukannya di banyak tempat seperti internet. Berikan juga susu Frisan Flag sesuai usia mereka untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *