8 cara mengobati sakit pinggang secara tradisional, 8 cara mengobati sakit pinggang secara tradisional

8 cara mengobati sakit pinggang secara tradisional

8 cara mengobati sakit pinggang secara tradisional – Selamat pagi semua,,, nah kali ini admin akan memberikan tips cara mengobati sakit pinggan secara tradisional atau alami , nah Sakit pinggang merupakan penyakit yang biasanya terjadi pada orang-orang tua atau orang yang terlalu lelah bekerja. Atau bisa juga karena terlalu banyak duduk, kurang minum, salah dalam posisi tidur dan sebagainya. Sakit pinggang juga bisa menjadi indikasi adanya penyakit yang lebih serius semisal osteoporosis atau penyakit ginjal. Maka dari itu sakit pinggang juga harus diwaspadai terutama penyebabnya.

sakit punggung
Nah, jika anda mengalami sakit pinggang karena terlalu banyak duduk, bekerja terlalu kersa, salah urat, dsb bisa diobati dengan ramuan tradisional .berikut ini admin berikan informasi mengenai cara mengobati sakit pinggang dengan ramuan tradisional yaitu ;

Obat Sakit Pinggang Temulawak – Temulawak memang sudah sejak lama dikenal sebagai tanaman obat berkhasiat. Salah satunya menyembuhkan sakit pinggang. Caranya mudah, ambil 1 rimpang temulawak, 1 rimpang kunyit sebesar ibu jari dan 1 genggam daun kumis kucing. Semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air hingga mendidih lalu disaring. Airnya diminum satu kali sehari sebanyak satu gelas tiap kali minum.

Daun Landep – Selain bisa digunakan untuk mengobati sakit kepala, daun landep ini ampuh juga mengatasi sakit pinggang dan rematik. Caranya, ambil segenggam daun landep kemudian cuci dan digiling sampai halus. Tambahkan air kapur sirih secukupnya sambil diaduk merata sampai berbentuk seperti adonan. Balurkan ramuan tersebut ke bagian pinggang yang sakit.

Daun sirsak – Daun sirsak merupakan obat tradisional yang sedang hangat dibicarakan saat ini karena kemampuannya dalam mencegah kanker. Namun, bukan hanya penyakit berat seperti kanker, sakit pinggangpun bisa diobati dengan daun sirsak. Caranya, ambil 20 lembar daun sirsak kemudian direbus dengan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Air rebusan daun sirsak tersebut diminum sekali sehari dengan dosis 3/4 gelas setiap kali minum.

Daun Kecubung РUntuk mengobati sakit pinggang, sediakan 4 lembar daun kecubung kemudian dihaluskan dengan kapur sirih secukupnya hingga terbentuk sebuah adonan. Nah, adonan tersebut dioleskan pada pinggang yang sakit sebagai balsem. 

Daun Pinang – Jika buah pinang sering digunakan sebagai bahan “makan sirih”, maka daunnya berkhasiat untuk mengatasi sakit pinggang. Caranya mudah, ambil beberapa lembar daun pinang kemudian digiling atau dtumbuk hingga halus. Campur dengan minyak kelapa seperlunya, panaskan sebentar diatas api sabil aduk rata. Ramuan tersebut digunakan untuk mengompres bagian pinggang yang sakit.

Biji Blustru – Biji blustru secukupnya disangrai sampai hangus, lalu giling sampai halus dan masukkan ke dalam stoples. Jika akan digunakan, ambil sebanyak 10 gram lalu masukkan ke dalam 1/2 seloki arak. Aduk merata, lalu endapkan. Airnya diminum sekaligus, sedangkan ampasnya dibubuhkan ke bagian pinggang yang sakit.

Halia – Halia ini masih satu keluarga dengan jahe dan temulawak. Karena itu khasiatnya juga tidak perlu diragukan lagi. Ambil 4-8 rimpang umbi halia sebesar ibu jari dan buah asam jawa yang sudah masak secukupnya. Umbi halia diparut dan campur dengan buah asam jawa, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang sakit.

Herba Sangitan – Ambil 15-30 gram herba sangitan, cuci bersih dan potong-potong kasar. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa satu gelas. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum. Bisa juga dioleskan pada pinggang yang sakit atau bengkak.

nah mudah bukan,,,,??? itu serangkaian artikel mengenai 8 cara mengobati sakit pinggang secara tradisional  semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca dan selamat mencoba,,, dan jangan lupa baca juga artikel mengenai cara merawat punggung agar putih bersih dan sehat secara alami disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *