8 Jenis Tanaman Obat Untuk Penyakit Mata, 8 Jenis Tanaman Obat Untuk Penyakit Mata

8 Jenis Tanaman Obat Untuk Penyakit Mata

8 Jenis Tanaman Obat Penyakit Mata ini sejatinya sangat penting ada kenal dan ketahui serta merawatnya dengan baik yang dapat digunakan sewaktu-waktu membutuhkan untuk mengobati berbagai masalah pada mata. Mata merupakan organ vital manusisa yang kesehatannya harus dijaga dengan baik agar mata terhindar dari masalah yang membahayakan. Jika anda mengalami masalah pada mata seperti katarak, silinder, minus, perih, mata kabur, dan lainnya selain harus pergi ke dokter untuk berobat secara medis, anda pun dapat mengobati masalah pada mata dengan alami. 


sakit mata
Tanaman Obat Penyakit Mata


Cara alami mengobati penyakit mata dapat dilakukan dengan memanfaatkan tanaman yang banyak tumbuh disekitar rumah. Sebenarnya jika kita mengetahui akan manfaat dari berbagai tanaman yang tumbuh di alam maka kita dapat melakukan perawatan kesehatan dengan alami dan murah.

Di Indonesia sendiri banyak sekali tanaman herbal yang dapat dijadikan obat untuk mengatasi berbgaai macam penyakit. Pada kesempatan kali ini alasehat.net akan berbagai informasi tentang beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit mata dengan efektif dan mudah. Tanaman-tanaman ini bisa anda manfaatkan ketika mengalami sakit mata.


8 Jenis Tanaman Obat Penyakit Mata


Inilah ke-9 tanaman herbal yang bisa dijadikan obat herbal alami untuk mengatasi masalah pada mata.

Kitolod


kitolod
Tanaman Obat Penyakit Mata

Kitolod merupakan tanaman yang berukuran kecil dan berupa semak-semak. Dalam kitolod mengandung senyawa alkaloid, porifenol, saponin, serta flavonoid. Getah dari tanaman ini memang mengandung racun namun pada bagian tanaman kitolod lainnya bersifat anti-kanker, antiradang, menghentikan pendarahan, serta penghilang rasa nyeri. Kitolod sendiri juga digunakan untuk mengatasi gangguan mata seperti katarak, mata plus minus, perih, dll. Cara membuat ramuannya yakni dengan 

Kembang telang


kembang telang
Tanaman Obat Penyakit Mata

Kembang telang dapat digunakan untuk mengobati radang mata merah selain itu juga dapat dijadikan obat penyakit lainnya seperti demam, sakit telinga, serta bisul. Khusus untuk mengobati radang pada mata yang digunakan adalah pada bagian bunganya. Caranya dengan mrendam bunga telang berwarna biru hingga airnya berwarna biru dan kemudian pakailah air tersebut untuk mencuci mata.

Daun dewa


daun dewa
Tanaman Obat Penyakit Mata

Daun dewa memiliki manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh misalnya dapat menurunkan kolesterol, menghancurkan pembekuan darah, serta gangguan pada mata. Khusus untuk gangguan mata misalnya karena benturan bisa memanfaatkan tanaman ini untuk mengobatinya, caranya dengan merebus daun dewa bersama umbinya dan minum air rebusannya tersebut dengan teratur hingga mata sembuh.

Boroco


boroco
Tanaman Obat Penyakit Mata


Boroco, di Indonesia sendiri tanaman ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah misalnya jawa tengah disebut jengger ayam, di sumatera barat disebut bayam buludu, atau di bali dinamai janggar siap. Tanaman ini dapat dijadikan obat alami untuk infeksi pada mata bagian dalam dan luar. Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus biji bunga boroco dan airnya digunakan untuk merimbang mata dan ramuan ini digunakan untuk mengobati infeksi mata bagian dalam. Sedangkan infeksi mata bagian luar caranya yakni dengan merebus bunganya dan jadikan air rebusannya untuk mencuci mata.

Rumput mutiara


rumput mutiara
Tanaman Obat Penyakit Mata


Rumput mutiara dapat berguna untuk melancarkan peredaran darah khususnya yang mengalir pada mata. Jika pembuluh darah pada mata terganggu atau tersumbat bisa diatasi dengan tanaman rumput mutiara. Caranya dengan merebus daun mutiara dan minum air rebusannya.

Daun sirih


daun sirih
Tanaman Obat Penyakit Mata


daun sirih memang sudah populer untuk menyembuhkan beragam masalah gangguan pada mata. Cara membuat obat herbal alami dari daun sirih yakni dengan merebus daun sirih lalu digunakan untuk mengedip-ngedipkan mata agar kotoran yang ada di dalam mata menjadi bersih. Selain itu juga membantu menyehatkan mata selebih jernih sehingga mata menjadi lebih jernih.


Daun sendok


daun sendok
Tanaman Obat Penyakit Mata


Tanaman yang bisa dijadikan obat penyakit mata yakni tanaman sendok. Daun sendok memiliki berbagai kandungan di dalamnya sepert vitamin A, C,B, kalsium dan juga kalium. Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus daun sendok dan minum air rebusannya, agar rasanya lebih segar bisa ditambahkan dengan sedikit madu.

Pegagan


pegagan
Tanaman Obat Penyakit Mata


Tanaman pegagan memiliki fungsi untuk menyembuhkan berbagai penyakit salah satunya untuk mengatasi sel saraf mata yang bermasalah atau rusak, mata bengkak, dll. Caranya yakni dengan menghaluskan daun pegagan lalu diperas dan disaring ambil airnya saja kemudian airnya tersebut bisa dijadikan obat tetes mata alami yang dapat mengobati masalah pada mata. Atau bisa dengan merebus daun pegagan dan airnya diminum.

8 Jenis Tanaman Obat Penyakit Mata seperti yang dijelaskan diatas bisa menjadi alternatif ketika mengalami gangguan atau masalah pada mata. Semoga bermanfaat, jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat lainnya. Like dan share ya, baca pula Manfaat Rambut Jagung Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *