Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa, Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa – Bulan puasa tinggal beberapa hari lagi dan salah satu yang sering menjadi salah satu masalah adalah bau mulut yang tak sedap. Hal ini dikarenakan ketika berpuasa umat muslim hanya makan dan minum ketika waktu berbuka dan sahur saja jadi mulut akan kering dan itu akan mengakibatkan masalah pada bau mulut. Seharian dari subuh sampai magrib tanpa makanan serta air maka kelenjar ludah tidak menghasilkan air liur untuk jumlah normal sebagai penyegar nafas. Walaupun memang bau mulut yang muncul pada saat berpuasa itu wajar-wajar saja namun kebersihan mulut tetap dijaga dengan baik.


bau mulut
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Bau mulut memang sedikit mengganggu aktivitas kita terutama bagi mereka yang selalu berinteraksi dengan orang lain setiap harinya. Walaupun bau mulut orang yang sedang berpuasa itu wajar atau normal tetapi kita pun tetap perlu menjaganya agar tetap segar selama menjalankan puasa. Ada beberapa cara mudah menghilangkan atau mencegah bau mulut tak sedap selama berpuasa yang bisa anda coba. 

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa


Berikut beberapa tips cara mudah agar nafas tetap segar selama menjalankan ibadah puasa yang akan diulas di alasehat.net


Makan buah dan sayur


buah dan sayur
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Buah dan sayur merupakan makanan yang bisa membantu menjaga bau mulut agar tetap segar selama berpuasa. Maka dari itu ketika sahur dan juga berbuka sempatkan untuk cukup mengkonsumsinya. Buah dan sayur dapat berfungsi menjaga kebersihan gigi secara alami dengan menghilangkan adanya plak pada gigi.

Minum air putih


Banyak minum air putih dapat membantu menjaga kesegaran mulut sehingga nafas tetap segar dan juga menghindari dehidrasi. Setidaknya ketika sahur dan buka konsumsi air putih 8 sampai 10 gelas bertujuan untuk menetralisir bau mulut. Air putih juga membantu proses produksi air liur pada rongga mulut sehingga kebersihan mulut tetap terjaga dan bau mulut segar selama berpuasa. 

Teh hijau


teh hijau
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Teh hijau memang diyakini dapat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan salah satunya adalah untuk menjaga kondisi kesegaran mulut sepanjang hari selama berpuasa. Anda bisa mengkonsumsinya ketika sahur dan berbuka puasa. Hal ini dikarenakan dalam teh hijau memiliki kandungan polyfenol yang berfungsi membasmi bakteri yang ada di saluran pernapasan serta mulut. 

Cairan pencuci mulut


Diharapkan setelah sahur di pagi hari untuk membersihkan daerah mulut dengan berkumur dengan cairan pencuci mulut menjadi lebih segar dan nafas pun menjadi segar. Cairan pencuci mulut atau mouth wash ini berfungsi membersihkan sisa makanan di daerah gigi. Perlu diingat ketika anda berkumur dengan cairan pencuci mulut jangan sampai tertelan. 

Sikat gigi


sikat gigi
Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa

Langkah mudah selanjutnya untuk menghindari bau mulut tak sedap selama berpuasa yakni rajin menggosok gigi. Lakukanlah dengan teratur setelah sahur dan buka untuk membersihkan kotoran yang menempel di gigi sehingga menunjang kesegaran mulut.

Makan makanan berkarbohidrat


Tubuh kurang asupan karbohidrat juga bisa mengakibatkan bau mulut maka dari itu perbanyak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat untuk menghindari baru mulut. Asupan karbohidrat ditambah dengan biji-bijian, pisang, serta gandum akan membantu mencegah adanya bau mulut tak sedap selama puasa di siang hari.

Berkumur dengan baking soda


Jika anda memiliki stok baking soda di rumah bisa anda manfaatkan untuk mencegah bau mulut selama berpuasa. Caranya cukup dengan mencapurkan segelas air dengan air lemon, garam dan baking soda lalu gunakan untuk berkumur. Cara ini dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut yang bersarang di mulut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Ketika Puasa tersebut diatas bisa anda coba untuk membuat nafas anda tetap segar sepanjang hari selama berpuasa atau pun tidak. Mudah dan alami tentunya, selamat mencoba semoga bermanfaat. Baca pula Tips Menjaga Kebersihan Lidah serta jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk selalu mendapatkan berita terbaru lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *