Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami, Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami

Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami

Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami – Gigitan lebah atau serangga pada tubuh kita akan disertai masuknya zat beracun dan zat lainnya di dalam tubuh. Dimana racun tersebut akan mengganggu kesehatan seperti nyeri, bengkak, gatal, dan menimbulkan alergi. Sebenarnya reaksi pada tubuh setelah disengat atau digigit lebah itu tergantung dari tingkat sensitifitas tubuh korban terhadap racun dari lebah atau serangga yang menggigitnya. 


lebah
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami

Reaksi dari gigitan atau sengatan lebah akan mengakibatkan tubuh bengkak, gatal, nyeri serta merah-merah pada tubuh dan meninggalkan bekas. Selain itu juga dapat menimbulkan demam, pembengkakan kelenjar jadi jangan pernah menganggap remeh atas gigitan lebah atau serangga. Maka dari itu segeralah mengobatinya setelah terkena sengatan lebah, jika tidak maka racun yang dikeluarkan lebah masuk dalam tubuh bisa menyebar dan itu akan membahayakan kesehatan tubuh.

Setiap korban yang disengat lebah akan merasakan reaksi yang berbeda karena setiap orang memiliki tingkat kekebalan tubuh yang berbeda ada yang digigit langsung bereaksi seperti bengkak, merah-merah atau gatal-gatal dan ada pula yang reaksinya tertunda. Nah, bagi anda, teman atau saudara anda yang terkenan gigitan lebah atau serangga maka berikan pertolongan pertama agar tidak sakit berlarut-larut dan mengganggu kesehatan. Cara yang harus dilakukan sebenarnya mudah dengan menggunakan bahan alami. Cara alami ini akan membantu menghentikan reaksi racun agar tidak menyebar keseluruh tubuh dan tidak mengakibatkan reaksi yang cukup serius pada tubuh korban.

Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


sengat lebah
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Berikut beberapa cara pengobatan untuk mengatasi sengatan lebah atau serangga yang bisa dijadikan pertolongan pertama, maka ikuti terus ulasannya di alasehat.net.

Cabut sengat lebah


mencabut sengatan lebah
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Langkah pertama yang dilakukan adalah ketika lebah atau sengatannya masih enempel di tubuh maka langsung cabut dan buang sengatan atau lebahnya tersebut jangan sampai ada yang tertinggal. Jika tidak bisa menggunakan jari anda bisa menggunakan pinset karena biasanya sengatan lebah cukup kecil. Hal ini penting dilakukan agar sengatan tidak lama menempel pada tubuh dimana ketika sengatan menempel lama akan mengakibatkan infeksi.

Kompres dengan Es


mengompres es
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Langkah selanjutnya ketika anda terkena sengatan lebah yakni setelah dicabut sengatannya lakukan mengompres bekas gigitan lebah menggunakan es. Cara ini bertujuan agar daerah yang terkena sengatan mati rasa dan rasa nyeri  atau gatal akan hilang. Mengompres dengan es juga mencegah pembengkakan dikarenakan aliran darah yang menuju di wilayah sengatan akan berkurang. Disarankan ketika mengompres dengan es jangan lebih dari 20 menit namun anda bisa memberi jeda ketika akan mengompresnya.


Pasta gigi


pasta gigi
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Mengobati sengatan atau gigitan lebah dengan menggunakan pasta gigi, hal ini dikarenakan pasta gigi dapat berguna menetralkan racun karena di dalamnya mengandung zat alkalin. Dimana zat alkalin tersebut bersifat asam. Ada juga pasta gigi yang memiliki kandungan gliserin yang bisa berfungsi menarik sengatan lebah. Tetapi perlu diingat setelah penggunaan pasta gigi jika kulit sensitif akan muncul ruam atau iritasi, jadi untuk menghilangkan ruam tersebut basuhlan agar pasta gigi bersih.


Pepaya


pepaya
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Pepaya buah yang kaya manfaat ini juga dapat mengobati sengatan lebah dikarenakan dalam pepaya memiliki kandungan papain yang dapat memecah protein racun yang diakibatkan oleh sengatan lebah atau serangga. Jika anda menggunakan pepaya dan kulit mengalami ruam atau alergi maka segera hentikan pemakaian pepaya dan basuh bersih kulit yang ada beri pepaya tersebut. Caranya yakni setelah mencabut sengatan lebah lalu gosokkan pepaya ke daerah yang terkena sengatan.

Baking soda


baking soda
Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami


Baking soda juga efektif mengobati sengatan lebah, dimana penggunaan baking soda akan mengurangi rasa sakit karena gigitan lebah. Caranya dengan mengoleskan baking sodan di kulit selama 20 menit.

Minyak atsiri


Minyak atsiri termasuk minyak esensial diantaranya minyak jarak dan minyak lavender akan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak. Cara nya cukup denga mengoleskan cantik di area yang terkena gigitan serangga. Selain itu mengoleskan lidah buaya dan juga madu juga menjadi cara efektif untuk meredakan rasa sakit karena gigitan serangga.

Cuka


Untuk cuka ini dalam mengobati sengatan lebah karena cuka mampu berfungsi menetralkan racun lebah. Caranya dengan membuat pasta yang terbuat dari perpaduan cuka dengan baking soda. Hasil pastanya lalu dioleskan pada area yang terkena gigitan diamkan selama beberapa menit.  Komponen pasta ini juga akan berfungsi meringankan rasa nyeri panas gatal akibat gigitan lebah. Tetapi jika anda menggunakan pengotan dengan cuka dan merasa mual, lidah membengkak, pusing, susah nafas maka segeralah untuk pergi ke dokter.

Itulah Cara Mengobati Sengatan Lebah Secara Alami yang bisa anda simpan dalam memori anda siapa tau nanti ada yang tersengat lebah dan langsung diobati dengan pertolongan pertama menggunakan bahan yang diuraikan diatas. Semoga bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita serta informasi bermanfaat lainnya. like dan share ya guys, baca pula Cara Mengobati Liver Dengan Bahan Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *