Cara Sederhan untuk Membuat Telur Asin, Cara Sederhan untuk Membuat Telur Asin

Cara Sederhan untuk Membuat Telur Asin

Apakah Anda pernah mengenal telur asin? Telur asin adalah salah satu makanan olahan dari telur bebek yang menjadi ciri khas kota Brebes, Jawa Tengah. Telur bebek yang sudah diolah menjadi telur asin memiliki kandungan protein, lemak dan mineral yang sama seperti jenis telur bebek olahan lainnya. Rasa telur asin sangat lezat dan nikmat. Telus asin sangat cocok bila digunakan sebagai lauk.
Telur asin merupakan salah satu tehnik olahan yang bisa membuat telur menjadi awet dan tidak mudah busuk.  Bila telur bebek hanya dikonsumsi harian maka jumlahnya akan melebihi kebutuhan. Tapi dengan olahan telur asin, maka Anda bisa mendapatkan keuntungan ganda. Apakah Anda pernah mencoba membuat telur asin? Telur asin yang dijual dari pasar atau supermarket sebenarnya memiliki proses pembuatan yang mudah. Berikut ini adalah beberapa macam proses pengolahan telur asin yang sehat dan bergizi.
Telur Asin Masak Batu Bata
Bahan dan peralatan untuk membuat telur asin masak batu bata sangat sederhana. Anda juga bisa mengganti beberapa peralatan yang tidak ada dengan peralatan seadanya sesuai dengan fungsi. Berikut ini urutan pembuatan telur asin masak batu bata.
  1. Lakukan pemilihan telur asin untuk mendapatkan telur asin yang layak. Anda bisa merendam telur asin ke dalam air bersih. Jika ada telur yang tidak tenggelam, maka telur itu tidak bisa dimasukkan dalam proses.
  2. Hancurkan batu bata sesuai dengan keperluan. Dan tempatkan dalam ember besar sesuai kapasitas pembuatan telur asin.
  3. Cuci bersih semua telur dan hilangkan kotoran yang menempel pada permukaan kulit telur.
  4. Aduk batu bata dengan garam. Pilih jenis garam yang mengandung yodium sehingga bisa menghasilkan telur asin yang lezat dan sehat.
  5. Masukkan telur ke dalam adonan batu bata dan garam. pastikan semua telur sudah masuk dalam adonan atau terpendam dalam.
  6. Tutup ember dan simpan telur antara 10 hingga 15 hari sebelum di buka.
  7. Telur Asin Masak Abu

Pembuatan telur dengan abu
Pembuatan telur dengan abu memang dikenal sebagai cara yang mudah dan bisa menghasilkan rasa telur yang lebih lezat. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat telur asin masak abu.
Pilih telur untuk menemukan telur yang sehat dan tidak busuk. Lakukan pemilihan dengan merendam telur dalam air. Jika telur tidak tenggelam maka angkat telur dan jangan dimasukkan dalam proses.
  1. Kumpulkan lumpur kering dan larutkan dalam air.
  2. Campur garam dengan adonan lumpur kering dan abu. 
  3. Masukkan telur dalam rendaman abu, lumpur kering , air dan garam.
  4. Pendam telur dalam adonan hingga tercampur rata.
  5. Simpan telur selama 15 hari dan bersihkan telur saat akan direbus.

Dua jenis cara pembuatan telur asin yaitu telur asin masak batu bata dan telur asin masak abu memang sangat sederhana. Cara ini bisa dilakukan sendiri dan tidak membutuhkan waktu lama. Telur asin umumnya akan direbus sebelum dikonsumsi. Namun saat ini beberapa modifikasi dibuat untuk menciptakan kreasi telur asin. Berikut ini beberapa jenis telur asin yang sudah sangat terkenal.
a.     Telur asinbakar. Ini adalah jenis telur asin yang dibakar setelah proses perebusan. Telur akan memiliki warna kulit coklat atau hitam tapi pada bagian dalamnya sama seperti telur asin lainnya. Aroma telur asin bakar lebih kuat daripada telur asin rebus biasa.

b.    Telur asin asap.Telur ini akan diasap dengan pembakaran kayu setelah direbus. Telur asin akan memiliki warna kulit yang lebih gelap dan aroma asap yang lebih lezat. Telur ini memiliki umur penyimpanan yang lebih lama dibandingkan telur asin rebus.

  • Mengenal Manfaat Jus Buah untuk Kesehatan Tubuh
  • Makna Warna
  • Cara memilih batu akik atau gemstone
  • Cara Mengatasi bolpoint Macet
  • Cara Goreng Telur Tanpa Minyak
  • Tukang Es Goyang ahli kimia (resep & cara membuat Es goyang atau Es lilin)
  • Membuat es batu dengan cepat
  • Cara Membedakan Cermin Tembus pandang (one way screen) dengan cermin biasa
  • Cara Memotong Tali tanpa alat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *