Memiliki motor atau mobil dan berniat ganti aki? Ini dia harga aki motor terbaru. Anda yang memiliki kendaraan bermesin pasti mengetahui ini. ya aki. Aki merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menyimpan energi dalam bentuk energi kimia. Aki sendiri dibedakan menjadi dua yakni aki basah dan kering. Aki kering maupun basah menggunakan cairan elektrode. Namun pada aki kering, cairan tersebut lebih padat dan berbentuk seperti gel. Aki sendiri memiliki berbagai fungsi. Yang pertama yakni untuk starter. Ketika mesin akan dihidupkan dalam keadaan mati, dibutuhkan tenaga penggerak untuk memutar poros engkol agar piston dapat bergerak. Ketika piston telah bergerak, pada ruang bakar terjadilah proses pembakaran dan mesin pun menyala. Pada proses tersebut dibutuhkan Aki. Fungsi aki yang kedua yakni sebagai tempat menyimpan listrik. Sebuah aki harus mampu menyimpan listrik yang bersumber dari sepul atau alternator. Listrik ini sebagai penggerak starter untuk menghidupkan mesin. Fungsi berikutnya yakni sebagai stabilisator. Listrik yang telah dihasilkan oleh sepul atau alternator memiliki jumlah yang tidak selalu stabil. Harga aki motor di pasaran berbeda-beda. Kualitasnya pun yang ditawarkan berbeda-beda. Ada yang murah hingga yang mahal. Untuk membeli Aki, sesuaikan kebutuhan mesin Anda.

harga-aki-gs-astra-lengkap-terbaru

Tips merawat dan Harga Aki Motor Terbaru

Harga aki motor di pasaran berbeda-beda. Namun ada baiknya bagi Anda untuk menjaga aki agar berumur panjang. Menilik dari fungsi aki yang sangat vital, dapat disimpulkan bahwa aki berperan besar dan penting dalam kendaraan motor maupun mobil. Maka dari itu, aki yang rusak atau soak harus segera di ganti. Agar sebuah aki tidak mudah soak maupun rusak, sebaiknya rawat baik-baik aki Anda. Beberapa cara di bawah ini dapat Anda lakukan untuk merawat aki Anda agar tidak mudah rusak.

  1. Tidak menggunakan Aksesoris Motor berlebihan

Dalam menambahkan aksesoris motor jangan berlebihan, terutama yang menggunakan energi listrik. Contohnya lampu, perangkat audio, klakson yang tidak wajar dan lain-lain. Aksesoris motor mungkin membuat tampilan motor Anda makin bagus tapi aki Anda menjadi cepat rusak. dek.

  1. Jangan meyetarter Elektrik Secara Paksa ketika motor susah dinyalakan

Jika motor Anda susah dinyalakan, jangan paksa starter elektrik. Gunakanlah starter manual. Starter elektrik menggunakan aki sebagai sumber daya. Selain di rancang untuk memudahkan proses menyalakan motor, starter elektrik dirancang untuk keadaan yang darurat.

  1. Nyalakan Motor Anda Minimal 15 Menit Setiap Harinya

Nyalakan motor Anda minimal 15 menit per harinya agar sel-sel dalam aki tidak kering. Aki memiliki 2 buah plat yang masing-masing memiliki kutub negatif dan positif berbahan kalsium timbal (PbCa). Untuk menyuplai energi listrik ke komponen-komponen motor yang membutuhkan listrik dibutuhkan bantuan bantuan kiprok. Plat akan bereaksi dengan cairan asam. Jika motor tidak dinyalakan dalam kurun waktu lama, lama-lama aki akan menjadi kering dan mati.

  1. Memastikan komponen listrik pada motor mati ketika motor di matikan

Ketika Anda mematikan motor, periksalah apakah komponen listrik pada motor seperti Seperti Head Lamp & Lampu Sign sudah dalam keadaan mati atau belum. Jika belum matikanlah. Sehingga ketika motor dinyalakan lagi, konsumsi aki tidak terlalu besar.

  1. Selalu Memeriksa Ketinggian Cairan Di Dalam Aki

Pastikan ketinggian cairan dalam aki tidak melebihi batas atas dan bawah yang sudah ditetapkan. Jika mendekati batas bawah, Anda dapat menambahkan air suling. Untuk menjaga keasaaman atau pH cairan dalam aki gunakanlah selalu air suling, walaupun cairan dalam aki adalah asam sulfat.

Demikian tadi beberapa hal mengenai harga Aki motor. aki motor merupakan hal yang vital dan berperan penting di motor. rawatlah aki Anda dengan baik agar aki Anda tidak mudah rusak. Di pasaran harga aki motor ditawarkan dengan harga yang berbeda-beda. Jika ingin membeli, sesuaikanlah dengan kebutuhan mesin Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *