Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah, Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah ini sangat tepat untuk mengembalikan dan menormalkan tekanan darah dalam tubuh. Hipotensi atau tekanan darah rendah ini bisa menyerang siapa pun juga yang akan ditandai dengan pusing di kepala. Ketika sedang mengalami tekanan darah rendah serta kekurangan darah atau anemia bisa melakukan cara cepat dan ampuh dengan mengkonsumsi makanan sehat yang bisa memulihkan dan menormalkan tekanan darah.  Gejala lain sebagai tanda tubuh kekurangan darah adalah tubuh lelah, letih, lemah, lesu dan tidak bersemangat dalam menjalankan aktivitasnya karena hemoglobin di dalam tubuh rendah.


darah rendah
Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah



Hemoglobin adalah suatu protein yang memiliki kandungan zat besi yang ada dalam sel darah merah. Dimana sel darah merah tersebut berguna mengangkut oksiden ke seluruh tubuh dan jika sel darah merah rendah akan mengakibatkan anemia atau kekurangan darah dalam tubuh. Jika mengalami hal itu tubuh perlu asupan nutrisi yang penting untuk membantu menambah darah dan juga dapat membantu menyembuhkan anemia. Makanan yang harus dikonsumsi bagi penderita tekanan darah rendah harus mencakup beberapa nutrisi sebagai berikut.

Makanan yang kaya vitamin A


Makanan yang banyak mengandung vitamin A dapat membantu meningkatkan tekanan darah.  Untuk mendapatkan asupan vitamin A yang banyak bisa diperoleh dari aneka buah-buahan seperti jeruk, mangga, aprikot, semangka, melon, serta buah plum. Buah-buah tersebut mampu membantu zat besi masuk pada hemoglobin untuk mengikat oksigen. Buah-buahan tersebut selain baik baik kesehatan mata juga membuat tekanan darah meningkat menjadi normal.

Makanan yang kaya vitamin C


Beragam buah-buahan yang mengandung vitamin A seperti jeruk, melon, nanas, mangga, jambu biji, dapat menyerap zat besi. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan hemoglobin dalam tubuh yang akan membuat tekanan darah menjadi lebih normal. Selain itu kandungan vitamin C juga menjadi antioksidan yang baik bagi tubuh untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


alasehat.net
Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Makanan kaya akan zat besi


Makanan yang memiliki kandungan zat besi tinggi dapat mencegah terjadinya penyakit anemia. Zat besi sangat penting dalam proses pembentukan hemoglobin karena dapat mengikat oksigen dan juga dapat mencukupi kebutuhan oksigen dalam tubuh secara menyeluruh.  Makanan yang mengandung zat besi tinggi bisa di dapatkan dari sayuran hijau (kangkung atau bayam), kacang-kacangan, kuning telur, serta kismis kering serta buah seperti alpukat, anggur, ceri, plum, ara, semangka, raspberry.

Makanan kaya vitamin B Kompleks


Vitamin B kompleks merupakan nutrisi yang juga penting dalam proses pembentukan sel darah merah. Untuk mengatasi tekanan darah rendah anda bisa mendapatkan vitamin B kompleks dari buah-buahan seperti pisang, alpukat, delima, nanas, serta kurma. Dengan tercukupinya asupan vitamin B kompleks dapat membantu menambah tekanan darah anda menjadi lebih baik dan normal.

Makanan yang kaya asam folat


Tubuh yang kekurangan asupan asam folat akan mengakibatkan anemia jadi penuhilah asupan yang mengandung asam folat dengan baik agar tubuh tidak mengalami anemia atau kekurangan darah. Untuk mendapatkan asupan asam folat bisa diperoleh dari sereal, sayuran hijau, pisang, pasta, kacang-kacangan, jeruk serta roti.

Makanan yang kaya vitamin B12


Vitamin B 12 adalah vitamin yang termasuk dalam vitamin B komplek yang bertugas membantuk seld arah merah serta sintesis DNA. Sumber viatamin B12 ada pada daging merah, susu, sereal,ikan, hati sapi dan telur.

Itulah berbagai jenis nutrisi yang harus dipenuhi bagi penderita hipotensi atau kekurangan darah, asupan nutrisi tersebut juga baik bagi penderita anemia karena bisa menormalkan dan memulihkan tekanan darah.  Berikut ini akan kami informasikan beberapa daftar makanan penambah darah yang dari jenis buah-buahan, sayuran, dan daging.


Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah


Buah-buahan penambah darah



buah penambah darah
Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Buah-buahan sebagai penambah darah memang terbilang cukup enak dinikmati dan buah merupakan makanan yang mudah dalam membantu menambah tekanan darah dalam tubuh. terdapat beberapa jenis buah-buahan yang bisa menambah darah dengan cepat dan efektif diantaranya tomat, mangga, jambu biji, strowberry, apel, pepaya, pisang, buah naga, kesemek, sukun, kiwi, anggur, alpukat, kismis, delima, tebu, ceri, labu, kurma,  jeruk mandarin, blewah, dan sirsat.

Diantara buah diatas ampuh mengatasi tekanan darah rendah, namun yang paling ampuh adalah buah straberry dan kurma. Dimana kandungan vitamin B kompleks yang tinggi di dalamnya ddapat berfungsi meningkatkan pembentukan sel darah merah, meningkatkan stamina dan mengatasi anemia. Strawberry mengandung zat besi tinggi, vitamin, serta antioksidan, serat dan rendah lemak dapat meningkatkan tekanan darah.

Sayuran penambah darah


sayur
Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Mengkonsumsi berbagai jenis sayuran ini bisa membantu menambah tekanan darah menjadi lebih normal dan terhindar dari anemia. Sayuran tersebut diantaranya bayam, ubi, kacang panjang, kacang polong, kacang hijau, kol, brokoli, daun singkong, kentang, kacang merah, lobak, dan sawi. Sayuran tersebut memiliki asupan nutrisi yang berbeda namun dapat memiliki tujuan yang sama yakni dapat meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.


Daging penambah darah


daging
Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah

Daging adalah makanan yang juga membantu menambah darah dengan cepat dan sangat efektif.  Jenis daging merah yang dimaksud seperti daging kerbau, kambing, sapi, ayam, hati ayam. Di dalam makanan tersebut terkandung zat besi yang dapat berperan dalam meningkatkan hemoglobin dengan mudah dan cepat sehingga tekanan darah menjadi normal dan penyakit anemia pun dapat teratasi.  Selain itu konsumsi makanan lain seperti ikan, kerang, telur, susu pun sangat membantu dalam menaikan tekanan darah rendah.

Itulah berbagai jenis Makanan Sehat Untuk Penderita Darah Rendah yang bisa anda ketahui dan ini bisa membantu bagi anda yang memiliki tekanan darah rendah atau anemia. Dan bagi yang ingin menurunkan tekanan darah baca artikel ini Makanan Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi. Jangan lupa berlangganan alasehat.net di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *