Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa, Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa – Bulan ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat muslim yang diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan. Bulan ramadhan tentu menjadi bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia ini karena di bulan ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah dari Allah SWT. Puasa memiliki makna yang mendalam yakni menahan semua yang membatalkan dari segi rohani maupun jasmani dari waktu imsyak di pagi hari hingga adzan maghrib berkumandang di sore hari. 


buka puasa
Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Pada saat berpuasa tentu hal yang penting salah satunya adalah menjaga pola makan yang tepat terutama di saat berbuka puasa. Ketika berpuasa dimana tidak makan dan minum seharian maka ketika waktu buka tiba akan melahap semua makanan yang ada. Memang terasa sangat nikmat sekali setelah seharian berpuasa lalu di waktu berbuka menyerbu makanan. Namun perlu diketahui bahwa hal tersebut kurang baik untuk kesehatan terutama pada sistem pencernaan. Jadi ketika berbuka pastikan anda mengkonsumsi makanan sesuai porsi dan jangan berlebihan. 

Terkait dengan makanan yang baik untuk berbuka kami alasehat.net merangkum beberapa jenis makanan terbaik dan sehat untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan yang tepat pada saat berbuka juga dapat menunjang kesehatan tubuh agar selalu kuat dalam menjalankan ibadah puasa dengan baik tanpa ada halangan selama seharian. Lantas apa saja makanan yang baik dan sehat untuk berbuka puasa? Simak selengkapnya berikut ini.

Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa


Kurma


kurma
Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Kita ketahui jika ramadhan tiba kurma banyak sekali dijual diberbagai tempat mulai dari pasar hingga supermarket dengan berbagai jenis. Kurma menjadi salah satu jenis makanan yang selalu ada untuk hidangan berbuka puasa yang sangat enak. Selain enak kurma mengandung kaya zat seperti sukrosa, fruktosa, rendah kalori serta mengadung glukosa yang berfungsi mengembalikan energi pada sel syaraf, sel darah merah, sel otak, sel tulang belakan serta di seluruh tubuh. Kadar garam yang terdapat di dalam kurma juga bermanfaat sebagai penyeimbang tinggkat keasaman pada sel darah. 

Dari segi vitamin kurma juga memiliki banyak jenis vitamin di dalamnya seperti vitamin B2, B12, A serta berbagai mineral diantaranya fosfor, kalsium, kalium, magnesium serta natrium. Jadi jangan lupa siapkan kurma untuk menu berbuka puasa anda guys. 

Madu

madu
Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Madu yang sudah terbukti memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh juga baik dikonsumsi ketika berbuka puasa. Kandungan antioksidannya yang tinggi, karbohidrat akan membantu mengembaikan stamina tubuh setelah seharian berpuasa. Selain itu mengkonsumsi madu juga akan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral di dalam tubuh karena mengandung natrium, kalium, magnesium, sulfur, kalsium, zat besi, mangan serta phosfor didalamnya. Jadi tidak ada salahnya anda menyiapkan madu untuk berbuka puasa. 


Buah


buah
Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Konsumsi buah saat berbuka puasa sangat dianjurkan karena untuk mengatasi dehidrasi selama berpuasa seharian. Buah juga mudah untuk dicerna di dalam tubuh selain itu buah juga mengandung serat tinggi dan juga kadar gula. Jadi buah sangat baik untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

Ikan


ikan
Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Biasanya ketika waktu berbuka tiba kita dahulukan makan atau minum yang manis-manis dan ringan baru setelah sholat magrib kita akan makan makanan berat seperti nasi. Nah sebagai pendamping nasi salah satu yang tepat adalah ikan. Hal ini karena ikan mengandung banyak protein daripada daging. Selain itu di dalam ikan mengandung omega 3, protein hewani, antioksidan tinggi, vitamin, serta minetal jadi baik untuk tubuh. Mengkonsumsi ikan diwaktu berbuka puasa dapat membantu melancarkan peredaran darah, meningkatkan sel saraf otak, menjaga organ penglihatan, kesehatan jantung, kesehatan tulang, serta mencegah terjadinya peradangan. 

Syur


sayur
Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Selain ikan makanan pendamping nasi adalah sayur karena sayur juga mudah dicerna oleh tubuh. sayuran hijau baik untuk berbuka puasa karena di dalamnya mengandung banyak serat, vitamin, protein, asam folat, mineral serta zat besi yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Makanan Terbaik dan Sehat Untuk Berbuka Puasa yang bisa anda terapkan di rumah. Jangan lupa juga untuk tetap mengkonsumsi air putih karena sangat baik bagi tubuh. selamat menyambut datangnya bulan ramadhan semoga selalu dikuatkan dan mendapatkan berkah dari Allah SWT amin. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google +. Baca pula Cara Menjaga Kesehatan usus Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *