Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan, Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan – Bunga sepatu merupakan bunga yang banyak dijumpai di sekitar kita dan biasanya dijadikan tanaman hias di halaman rumah karena bunganya yang cantik dan berwarna cerah. Bunga ini aromanya memang tidak terlalu wangi dan menyengat hidung ini ternyata memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan tubuh manusia. Meungkin banyak orang yang belum mengetahui akan manfaat dari daun sepatu ini.

Gambar Bunga Sepatu 


bunga sepatu
Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Bunga sepatu yang merupakan bunga lengkap ini sering dijadikan bahan untuk penjelasan bagian-bagian bunga pada pelajaran IPA di sekolah. Bagian bunga sepatu yang paling penting untuk kesehatan tubuh adalah pada bagian kelopak bunganya. Dalam dunia medis bunga sepatu ini memiliki berbagai kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh diantaranya vitamin C, kalsium, asam amino, glucoside hibiscin, protein, serta grossy peptin. Beberapa kandungan yang ada pada bunga sepatu khususnya pada kelopaknya tentunya sangat diperlukan oleh tubuh, namun secara keseluruhan bagian yang ada pada tanaman bunga sepatu seperti daun dan bunganya dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh

Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan


Berikut ini alasehat.net akan berbagi informasi mengenai manfaat bunga sepatu secara keseluruhan yang masih belum banyak orang tau. Apa saja manfaatnya? Inilah ulasang selengkapnya.


alasehat.net
Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Melindungi tubuh dari infeksi


Berbagai nutrisi seperti mineral, vitamin C, serta antioksidan yang ada pada bunga sepatu khususnya pada daun mampu meerangan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan bakteri atau virus yang menyebabkan infeksi.  Infeksi tersebut seperti infeksi yang terjadi pada masalah pernapasan, batuk, bronkhitis, atau asma. Cara membuat ramuannya yakni dengan merebus daun bunga sepatu atau pun daunnya lalu minum airnya.


Penangkal radikal bebas


Bunga sepatu mengandung antioksidan yang dapat berguna sebagai penangkal serangan radikal bebas berbahaya sebagai penyebab penyakit yang berbahaya. Serangan radikal bebas memang hanya bisa dicegah dan diatasi dengan cukup antioksidan. Antioksidan juga dapat mencegah terjadinya penyakit malaria atau flu menyerang tubuh kita.


Menjaga kolesterol dan tekanan darah


Bunga sepatu juga dapat bermanfaat untuk menjaga kolesterol dan tekanan darah agar tetap stabil dan normal. Dengan kolesterol serta tekanan darah yang normal akan berdampak pula bagi kesehatan jantung. Karena jika kolesterol jahat menumpuk dan tekanan darah yang tinggi atau terllau rendah dapat mengganggu masalah kesehatan dan menimbulkan gejala penyakit seperti jantung, dan penyakit lainnya.

Mencegah kerontokan rambut


rambut rontok
Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Memiliki rambut sehat, indah, lebat dan tidak rontok adalah impian setiap orang terutama bagi mereka para wanita karena rambut merupakan mahkota wanita yang sangat indah dan harus dijaga. Dalam mengatasi kerontokan bisa menggunakan ramuan bunga sepatu yang dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat dengan perlahan. Cara menggunakan ramuan bunga sepatu untuk mengatasi rambut rontok yakni dengan membuat masker bunga sepatu yakni dengan menggunakan lendir yang ada pada daun bunga sepatu dan dioleskan dengan merata pada rambut atau bisa dipakai untuk keramas.

Mengatasi obesitas


Obesitas adalah gangguan yang dikarenakan oleh kelebihan berat badan dan itu akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.  Untuk mengatasinya bisa membuat ramuannya dengan rebusan bunga sepatu. Dimana dalam rebusan bunga sepatu terdapat kandungan serat dna kalori yang bisa murunkan berat badan karena kalori dan lemak yang tertimbun dalam tubuh bisa terkontrol dengan baik.

Mengobati sariawan


sariawan
Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan

Sariawan memang bukanlah penyakit yang sangat serius namun juga sangat mengganggu. Dan bunga sepatu bisa membantu mengobatinya dengan efektif yakni dengan meminum air rebusan daun bunga sepatu.


Menjaga kesehatan kulit


Bunga sepatu memiliki kandungan minyak yang dapat berfungsi sebagai mengangkat sel kulit yang telah mati, membersihkan kulit dan dapat menghaluskan kulit. Kandungan anti inflamasi yang ada dalam bunga sepatu dapat bermanfaat mencegah penuaan dini serta mengobati jerawat. Caranya cukup dengan meremas-remas kelopak bunga sepatu dan oleskan pada kulit baik wajah atau kulit tubuh dengan merata.

Mengeluarkan racun dalam tubuh


Bunga sepatu juga dapat berfungsi mengeluarkan racun berbahaya di dalam tubuh yang bisa menyebabkan masalah pada kesehatan tubuh karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya. Kandungan antioksidan memang sangat berperan penting untuk kesehatan tubuh sepert dapat mencegah penyakit yang membahayakan tubuh seperti kanker, tekanan darah, kolesterol seperti yang telah disebutkan diatas.

Itulah beberapa Manfaat Bunga Sepatu untuk Kesehatan tubuh, semoga informasi ini bisa bermanfaat dan jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendapatkan berita terbaru dan baca pula artikel ini Manfaat Adas Untuk Kesehatan Tubuh 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *