Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan – Jahe adalah jenis tanaman rimpang yang cukup terkenal dijadikan rempah-rempah serta menjadi bahan untuk obat herbal alami maupun obat modern.  Rimpang jahe berbentuk seperti jemari dan pada ruas tengahnya mengembung. Jahe memiliki rasa yang pedas karena terdapat senyawa zingeron. Jahe dapat dinikmati sebagai minuman yang bisa menghangatkan badan ketika cuaca dingin atau musim hujan saat ini. Anda bisa membuat olahan jahe menjadi wedang jahe atau aneka minuman lainnya yang segar, bahkan produsen obat terkenal juga menggunakan racikan jahe untuk bahan obat. Selain itu jahe juga dijadikan bumbu rempah pelengkap masakan.


Jahe


alasehat.net
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe yang merupakan tanaman herbal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia karena di dalamnya mengandung beberapa senyawa kimia yang aktif dan baik untuk tubuh. senyawa kimia yang terkandung dalam jahe diantaranya minyak atsiri zinginerena, bisabolena, resin pahit, zingiberol, gingerol, kurkumen, filandrena, phenol, shongol serta mengandung antioksidan yang tinggi. selain itu juga masih terdapat beberapa zat aktif dalam jahe seperti vitamin A, B1, C, niacin, borneol, kamfer, sineol,protein, dan masih banyak yang lainnya.

Manfaat Jahe Untuk Kesehatan


Sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak kandungan senyawa kimia yang aktif tersebut, jahe menyimpan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Seperti apa manfaatnya ikuti terus ulasannya di alasehat.net berikut ini

Menghangatkan tubuh


Manfaat jahe yang pertama dan yang populer adalah untuk menghangatkan tubuh terlebih lagi dlaam kondisi yang dingin atau ketika musim penghujan tiba seperti sekarang ini. Minuman yang sering dikonsumsi adalah wedang jahe  dan telah menjadi meinuman favorit khususnya bagi masyarakat yang tinggal di pegunungan. Jahe juga mengandung anti-toksin serta anti-virus yang berfungsi membantu mempromosikan keringan sehingga dapat mengobati masuk angin serta batuk.


alasehat.net
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Mencegah kanker


Kanker adalah penyakit yang ditakuti oleh setiap orang karena penyakit ini bisa mematikan. Ekstrak jahe yang mengandung nutrisi baik di dalamnya dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh. selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker agar tidak menyebar keseluruh tubuh seperti kanker ginjal, kanker kulit, kanker paru-paru, serta kanker pankreas.

Melancarkan pencernaan


Selain buah-buahan atau sayuran, jahe juga dapat berfungsi melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh kita. Hal tersebut dikarenakan jahe mengandung gingerol yang bersifat antikoagulan yang akan bekerja menghambat dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dimana penggumpalan darah tersebut juga dapat mengakibatkan penyakit jantung dan stroke. Jadi mengkonsumsi jahe dengan baik selain melancarkan pencernaan juga mencegah terjadinya penyakit jantung dan juga stroke selain itu juga dapat menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Mengobati migrain


migrain atau sakit kepala sebelah
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Menurut penelitian oleh para ahli mengatakan bahwa jahe dapat berfungsi menghentikan prostaglandin. Prostaglandin adalah penyebab terjadinya sakit kepala jadi mengkonsumsi jahe akan mengurangi sakit kepala sebelah atau dinamakan migrain.

Mengobati nyeri


Ketika tubuh timbul rasa nyeri bisa diatasi dengan menggunakan jahe karena jahe memiliki sifat anti-inflamasi. Dimana sifat pada jahe tersebut dapat berfungsi meredakan sara nyeri dengan alami, selain itu juga dapat mengobati gejala rematik.

Mencegah perut buncit


perut buncit
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Memiliki perut yang buncit memang  bagi sebagian orang merupakan masalah yang harus diatasi dengan cepat. Perut buncit terkadang bisa membuat kondisi atau kesehatan tubuh yang kurang baik dan juga membuat penampilan kurang indah. Jika anda memiliki perut yang buncit dapat diatasi dengan mengkonsumsi jahe karena jahe juga berfungsi melancarkan sistem metabolisme dan pencernaan dalam tubuh manusia.  

Proses metabolisme dan pencernaan yang lancar akan berdampak pada proses pembakaran kalori sehingga perut akan menjadi rata dan indah. Selain itu kandungan kalori yang rendah dalam jahe juga dapat membantu menurunkan berat badan dan ini baik bagi anda yang sedang menjalankan program diet.

Menurunkan tekanan darah


Memiliki tekanan darah yang tinggi bisa diatasi dengan menggunakan jahe sehinga tekanan darah kembali normal. Hal tersebut dikarenakan jahe dapat berfungsi memperlebar pembuluh darah dan juga  sebagai perangsang untuk pelepasan hormon adrenalin sehingga darah yang ada daam tubuh dapat mengalir dengan cepat dan lancar dan juga meringankan jantung ketika bertugas memmpa darah.

Mengobati sakit gigi


sakit gigi
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Jahe ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sakit gigi timbul karena berbagai hal seperti adanya bakteri atau virus yang menyerang, tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut, dll. Mengkonsumsi menuman jahe dapat mencegah dan mengobati sakit gigi atau juga nyeri pada gusi. Hal tersebut dikarenakan dalam jahe memiliki sifat anti-bakteri dan juga anti-jamur yang bisa mencegah masuknya jamur dan bakteri ke dalam tubuh terutama mulut.

Itulah beberapa Manfaat Jahe Untuk Kesehatan yang sangat membantu kita dalam menjaga, mencegah, serta mengobati beragam masalah pada tubuh kita. Jahe juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi jahe yang bisa dijadikan minuman segar atau olahan lainnya bisa mendapatkan manfaat yang cukup besar untuk kesehatan tubuh kita.  


wedang jahe
Manfaat Jahe Untuk Kesehatan

Sehat itu sebenarnya tidak begitu mahal dan tidak sulit bukan? Jadi kita harus pintar-pintar menambah informasi tentang manfaat dari berbagai tanaman atau sesuatu yang ada di alam ini karena Tuhan telah menyiapkan obat herbal yang sangat lengkap tanpa bayar mahal. Nah untuk mendapatkan berbagai informasi terbaru dan bermanfaat jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google +, serta baca artikel bermafaat ini Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *