Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan, Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan – Labu siam merupakan sayuran yang sering dijadikan sayuran dan olahan masakan yang menggoda lidah. Seperti namanya sayuran ini asalnya dari Siam, Thailand. Labu siam ini salah satu sayuran yang mudah dijumpai dengan harga yang sangat terjangkau. Labu siam ni bentuknya mirip seperti buah pir/pear. Labu siam sendiri ada beberapa nama yang berbeda di berbagai daerah seperti jepan, manisah, dll.


labu siam
Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Labu siam yang sering kita masak ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Amerika Serikat oleh Universitas North Florida mengatakan bahwa labu siam mengandung vitamin yang sangat banyak yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.
Di dalam labu siam terdapat beberapa kandungan nutrisi serta vitamin yang baik seperti serat, sodium, vitamin A, E, K, B, C, karbohidrat, asam folat, protein, magnesium, mangan, zat besi, selenium, zink, dan berbagai nutrisi lainnya. Untuk mengetahui apa saja manfaat yang diberikan labu siam untuk kesehatan tubuh, simak ulasan selengkapnya di alasehat.net

Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan


Labu siam yang memiliki nama internasional chayote dan termasuk keluarga Cucurbitaceae yang juga masih dalam keluarga labu kuning dan mentimun. Dan berikut ini beberapa Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi labu siam sebagai sayuran atau olahan yang lezat.

labu siam
Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Menurunkan kolesterol


Labu siam memiliki jumlah kalori yang sangat kecil dan tidak terdapat lemak jenuh jadi dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh manusia dengan efektif.  Bagi penderita kolesterol tinggi bisa mengkonsumsi labu siam setiap hari. Dan labu siam menjadi salah satu makanan yang baik bagi penderita penyakit tipes.


Sumber antioksidan


Dalam labu siam terdapat vitamin C yang menjadi sumber antioksidan yang mampu menjaga tubuh dari radikal bebas berbahaya. Mengkonsumsi labu siam akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Mengobati batu ginjal


batu ginjal
Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Batu ginjal dapat diobati dengan labu siam namun yang dimanfaatkan kali ini adalah daunnya. Daun labu siam dapat dijadikan obat herbal alami untuk mengobati batu ginjal dan juga hipertensi.  Hal ini juga telah dilakukan penelitian di Universitas North Florida.

Menurunkan tekanan darah tinggi


Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang cukup membahayakan dimana jika tidak segera diatasi akan mengakibatkan penyakit stroke atau jantung. Study yang dilakukan di Pedua University mengatakan bahwa daun labu siam yang dijadikan teh mampu menurunkan tekanan darah menjadi normal kembali. Selain itu teh daun labu siam dapat meluruhkan batu gijal seperti yang telah dijelaskan diatas, menyembuhkan pengerasan pada pembuluh arteri, serta mengobati aterosklerosis. Selain itu teh labu siam juga dapat mengobati perut kembung.

Mencegah anemia


anemia
Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Kandungan zat besi dan vitamin B2 yang ada dalam labu siam dapat membantu mencegah anemia. Kedua nutrisi tersebut dapat membantu merangsang pembentukan hemoglobin dan sel darah merah pada tubuh sehingga dapat mencegah penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Mengatasi penyakit jantung


Labu siam memiliki minyak esensial yang baik bagi tubuh seperti vitamin C yang banyak dalam labu siam. Vitam C tersebut berperan sebagai antioksidan yang mencegah beberapa penyakit yang menyerang tubuh seperti serangan jantung yang disebabkan radikal bebas.

Mencegah sembelit


Mengkonsumsi labu siam dengan teratur akan memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Serat dapat berfungsi untuk melancarkan proses dalam sistem pencernaan dengan baik dalam tubuh sehingga mencegah sembelit.

Mencegah penuaan dini


penuaan dini
Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan

Salah satu makanan yang tepat dalam mencegah terjadinya penuaan dini adalah dengan mengkonsumsi labu siam. Sayura ini memiliki kandungan flavonoid yang baik yang berguna melawan zat yang membahayakan seperti ROS ( Reactive Oxygen Species) dimana ROS tersebut merupakan zat turunan oksigen yang bersifat reaktif dan membahayakan tubu. Sehingga kandungan antioksidan dalam labu siam dapat menangkal radikal bebas sebagai penyebab penuaan dini dan berbagai penyakit lainnya. Selain itu labu antioksidan juga dapat berfungsi mencegah penyakit kanker.

Menurunkan berat badan


Salah satu sayuran yang dapat dijadikan makanan alami yang dapat menurunkan berat badan adalah labu siam. Bagi yang sedang diet bisa mengkonsumsi sayuran ini dengan teratur. Karena dalam labu siam terdapat jumlah kalori yang rendah serta tidak ada kolesterol dan lemak jenuh.selain itu kandungan serat yang banyak akan membantu memberikan efek kenyang yang lama pada perut sehingga baik untuk diet.

Itulah Manfaat Labu Siam Untuk Kesehatan tubuh manusia yang harus kita ketahui. Mengkonsumsi makanan dari alam sangat direkomendasikan sekali karena sangat sehat tanpa ada bahan pengawet yang bisa membahayakan tubuh kita. Alam telah menyediakan beragam jenis makanan atau tanaman yang bisa dijadikan makanan sehari-sehari sekaligus sebagai obat herbal yang sangat ampuh dalam mengatasi beragam masalah kesehatan. Semoga bermanfaat, jangan lupa berlangganan kami di facebook dan google + untuk mendpaatkan berita terbaru dan bermanfaat. Yuuuk LIKE & SHARE yaaa…. baca pula artikel bermanfaat ini Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *