Mengubah Foto Dengan Efek Kapur Tulis di Photoshop, Mengubah Foto Dengan Efek Kapur Tulis di Photoshop

Mengubah Foto Dengan Efek Kapur Tulis di Photoshop
Saat ini banyak aplikasi edit foto yang dapat kita gunakan untuk merubah atau memperindah suatu foto sesuai dengan keinginan kita. Pada kesempatan ini, kita akan mencoba mengubah sebuah foto menjadi sketsa kapur dengan menggunakan photoshop.

Dengan menggunakan beberapa filter dalam photoshop, kita akan mengubah foto dengan efek kapur tulis sehingga foto akan menjadi sebuah sketsa yang seolah-olah digambar menggunakan kapur tulis. Dalam hal ini kita menggunakan kapur tulis putih.

Untuk membuat sketsa kapur tulis, kita harus menyiapkan sebuah foto atau gambar yang akan kita jadikan model sketsanya. Karena hasil akhir merupakan sketsa berupa garis atau goresan seperti kapur, maka gunakan saja gambar atau foto yang sederhana atau tidak terlalu banyak detail.

Pada kesempatan ini, kami menggunakan sebuah gambar vektor yang akan diberi efek kapur tulis. Yang kita perlukan adalah sebuah gambar yang akan kita ubah menjadi goresan kapur. Pilihlah gambar yang tidak terlalu rumit.

Selain gambar yang akan diubah, tentu kita harus memiliki aplikasi photoshop. Oleh karena itu, pastikan aplikasi photoshop sudah terinstal di komputermu. Tampilan photoshop kamu mungkin akan berbeda sesuai tingkatannya tetapi secara umum langkahnya sama saja.

Dengan teknik yang akan kita bahas, kita tak hanya dapat mengubah foto tetapi juga dapat mengubah tulisan. Jadi, kita bisa membuat tulisan dengan efek kapur tulis seolah-olah tulisan tersebut ditulis menggunakan kapur.

mengubah foto menjadi sktesa kapur

Gambar di atas merupakan hasil akhir dari gambar vektor yang telah diberi efek kapur tulis menggunakan filter yang terdapat dalam photoshop.

Mengubah Gambar Menjadi Sketsa

  1. Buka Photoshop
  2. Buka dan cari gambar yang ingin anda manipulasi. Berikut gambar vektor yang akan kami ubah.
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

  3. Pilih menu filter > Stylize > Find edges untuk menonjolkan garis gambar
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

  4. Tekan Ctrl + I untuk membalik warna
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

  5. Tekan Ctrl + Shift + U untuk mengubah gambar menjadi grayscale
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

  6. Pilih menu Image > Adjustment > Brightness/contrast untuk mengatur kecerahan dan kontras gambar. Atur sedemikian rupa nilai brightness dan contrast hingga diperoleh gambar yang kita ingin.
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

    Karena kami menginginkan garis yang sedikit lebih tebal, kami memilih pengaturan sebagai berikut :

    mengubah foto menjadi sktesa kapur

  7. Pilih menu Filter > Artistic > Rough pastels untuk memberi efek kapur tulis pada gambar. Kemudian lakukan pengaturan seperti gambar di bawah ini, atau sesuaikan dengan keinginan anda.
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

    Berikut hasil gambar yang telah diberi efek kapur tulis.

    mengubah foto menjadi sktesa kapur

    Sampai tahap ini kita sudah berhasil memanipulasi gambar menjadi sketsadengan efek kapur tulis. Selanjutnya kita akan memindahkan gambar kelayer baru yang berfungsi sebagai papan tulis.

Memindahkan Gambar ke Papan Tulis

  1. Pilih file > new untuk membuat layer baru dengan warna gelap dan ukuran yang sesuai dengan gambar sketsa.
  2. Kembali ke layer gambar, Tekan Ctrl + A untuk menyeleksi seluruh bidang lalu tekan Ctrl + C untuk mengopi gambar. 
  3. Buka layer papan tulis, tekan Ctrl + V untuk menempelkan gambar yang kita copy. Atau anda bisa langsung menyeret gambar ke layer papan tulis.
    mengubah foto menjadi sktesa kapur

  4. Selanjutnya, atur belending mode menjadi screen sehingga dihasilkan gambar seperti di bawah ini.
    mengubah foto menjadi sktesa kapur
Demikianlah cara memanipulasi gambar atau foto menjadi sketsa dan efek kapur tulis dengan filter pada photoshop, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *