Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri, Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri

Penyebab Komputer Sering Mati Sendiri

Memeriksa kemungkinan penyebab komputer sering mati sendiri

Mungkin setiap orang sudah memiliki komputer masing-masing rumah mereka. Kini penggunaan komputer meningkat tajam seiring dengan perkembangan zaman dan kebutuhan pekerjaan. Bahkan seseorang dikatakan kuno ketika tidak memiliki sebuah komputer dirumahnya. Dengan adanya komputer, segala pekerjaan kita sangat dipermudah, kita bisa menggunakan berbagai software di komputer kita untuk mengerjakannya. Namun berbagai masalah muncul seiring penggunaan komputer yang semakin meningkat. Salah satu masalah yang sering dialami yaitu komputer yang mendadak mati sendiri. Lalu apa penyebab komputer sering mati sendiri? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan komputer kita mati secara mendadak, hal ini tentu sangat mengganggu kerja kita ketika menggunakan komputer.


Berikut ini ada beberapa penyebab komputer sering mati sendiri :
     1.     Prosessor mengalami panas yang melebihi standar
Prossesor yang mengalami panas hingga 60 derajat Celsius akan mati dengan sendirinya, hal itu dipicu karena penggunaan komputer terlalu lama dan beresiko pada kerusakan komputer. Selain itu, penggunaan aplikasi secara berlebihan juga memicu komputer anda mati secara mendadak. Kita kadang tak pernah menyadari untuk menginstal banyak software di komputer kita, namun hal itu akan berdampak pada rusaknya sistem jaringan komputer dan menyebabkannya bisa mati mendadak.
     2.     Daya listrik yang lemah
komputer anda akan mati mendadak ketika pasokan listrik untuk komputer anda menurun secara tiba-tiba. Switching power supply sudah tidak normal lagi dalam bekerja yang mengakibatkan komputer kita mati mendadak. Untuk mengatasinya anda perlu menggunakan power supply yang baru.
     3.     Hardisk rusak
Hardisk merupakan area penyimpanan file di komputer, windows dan program lainnya tersimpan dalam hardisk. kerusakan hardisk terjadi pada partisi boot yang mengalami bad sector akan menyebabkan sistem komputer tidak bisa membaca file yang tersimpan, maka dari itu komputer bisa secara tiba-tiba menjadi mati.
     4.     Virus komputer
Komputer yang terkena virus akan mengalami mati mendadak. Virus komputer dapat tersebar dari mana saja, terutama aplikasi yang kita install pada komputer kita. Virus akan menyerang file sistem sehingga menyebabkan file sistem bekerja secara tidak optimal dan berat. Maka dari itu, virus tersebut akan menginfeksi file sistem dan menyebabkan komputer anda mengalami restart berulang dan mati. Untuk mengatasi hal ini, anda bisa menginstal antivirus yang terbaik untuk komputer anda dan update secara rutin.
     5.     RAM rusak
penyebab komputer sering mati sendiri salah satunya yaitu RAM,awalnya kerusakan RAM akan diketahui dengan munculnya blue screen di layar komputer anda dan ada peringatan Dump Memory. Jika hal ini terjadi, maka anda bisa mengganti dengan RAM yang baru atau melepaskannya dan bersihkan kotoran di memory lalu pasang lagi ke komputer anda.

Memiliki masalah pada komputer anda tentu sangat merepotkan, apalagi ketika kita memiliki banyak pekerjaan lalu komputer tidak mendukung kita untuk mengerjakannya. Cara untuk mengatasi penyebab komputer sering mati sendiri bisa anda lakukan secara rutin,anda bisa mengupgrade antivirus terbaru untuk komputer anda sehingga virus-virus tidak menyerang file sistem di komputer anda. selain itu, jangan sembarangan untuk memasukan flasdisk atau memory lain pada komputer anda, karena bisa jadi flasdisk atau memory tersebut membawa virus dari komputer lainnya. Dan yang terpenting, rajinlah untuk mengecek kondisi komputer anda, agar bisa melihat kerusakan yang terjadi pada komputer anda sehingga ckomputer kita tidak mati secara mendadak.      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *