Memasak bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi beberapa orang. Membuat beberapa jenis masakan untuk diberikan kepada orang tersayang tentu akan sangat membahagiakan. Bagi kaum wanita, melakukan kegiatan di dapur memang sudah menjadi kewajiban yang tidak dapat dipisahkan. Meski memang tak banyak juga kaum pria yang menjadi koki atau sekadar hobi memasak. Namun karena memang segala sesuatu memang membutuhkan proses, begitu pula halnya dengan memasak. Biasanya sebelum berumah tangga, memasak merupakan hal yang sulit sehingga perlu banyak belajar. Para wanita, terutama berlomba-lomba untuk bisa memasak masakan yang enak. Tapi, sebagai pemula, Anda rasanya perlu mengetahui beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam memasak.

 pintar-masak-tak-termasuk-dalam-ciri-wanita-sempurna

Siapkan Peralatan Perang

Tentunya, sebelum Anda memulai memasak, persiapkan dulu segala sesuatunya dengan baik. Terutama peralatan-peralatan yang membantu Anda untuk perang. Pastikan peralatan dapur Anda dalam kondisi yang baik dan tidak ada yang rusak. Jangan sampai ketika Anda sedang memasak, lalu terhambat karena adanya kerusakan pada peralatan dapur tersebut. Terutama kompor, sebagai salah satu komponen utama di dapur, jika ternyata terjadi kerusakan, segera cari layanan jasa untuk servis kompor agar aktivitas memasak Anda di dapur bisa aman, tenang dan nyaman.

Kumpulkan Resep

Saat Anda sedang mendalami sebuah hobi, pastinya Anda ingin mencoba hal baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya. Anda juga pastinya ingin memasak berbagai macam masakan. Namun biasanya karena terlalu banyak masakan yang ingin Anda coba, ujungnya berakhir pada kebingungan untuk memasak yang mana terlebih dahulu. Karena itu, coba catat dan kumpulkan resep-resep terbaru yang bisa Anda dapat dari berbagai sumber di internet. Sebagai seorang pemula, mulailah dari resep-resep sederhana. Jangan paksakan diri Anda sendiri untuk mencoba hal-hal yang rumit.

 

Kenali Bumbu Dasar

Tentunya, ini sangat penting. Jangan hanya berfokus pada peralatan ‘perang’ di dapur saja, Anda juga perlu mengenal ‘amunisi’nya. Sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah, pastinya akan sangat banyak bumbu-bumbu dapur yang perlu Anda kenal. Jangan sampai salah membedakan antara jahe, kunyit dan lengkuas. Bahkan juga Anda harus bisa membedakan antara garam, lada dan gula. Meski bentuk dan baunya tidak jauh berbeda, cita rasa yang didapatkan dari bumbu-bumbu tersebut akan berbeda di masakan. Coba kenali lebih banyak bumbu-bumbu dapur, dan mulailah bereksperimen.

Kursus Memasak

Jika Anda benar-benar ingin serius pada hobi Anda yang satu ini, jangan ragu untuk mengambil kelas kursus memasak. Pastinya dengan mengambil kursus, Anda akan bisa menjadi lebih baik lagi dalam hal memasak. Anda bisa berlatih dengan seseorang yang pastinya sudah ahli dalam bidang ini, sehingga Anda juga bisa berkonsultasi jika Anda menemukan kesulitan dan mendapatkan berbagai saran yang mendukung.

Kebersihan dan Kesehatan

Jangan lupakan hal ini, karena setiap apa yang kita konsumsi pastinya memiliki dampak terhadap tubuh kita. Pilihlah bahan-bahan masakan yang bersih dan terbebas dari pestisida. Jika Anda tidak menggunakan bahan-bahan atau sayur organik, bersihkan sampai benar-benar bersih dan terbebas dari pestisida. Masakan yang sehat akan membuat Anda menjadi sehat juga. Tak hanya itu, perhatikan juga kebersihan dari peralatan masak itu sendiri. Segera bersihkan peralatan setelah Anda memakainya. Jangan sampai tertinggal kotoran-kotoran berupa kerak yang sulit dibersihkan. Rajinlah membersihkan dapur Anda sekitar satu minggu sekali. Juga, segera lap bagian dapur jika terciprat-ciprat minyak atau noda makanan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *