Tutorial instal windows 8.1 (bagian pertama), Tutorial instal windows 8.1 (bagian pertama)

Tutorial instal windows 8.1 (bagian pertama)

Ada sejumlah skenario dalam instalasi Windows 8.1 tergantung keadaan PC Anda sewaktu ingin menginstal sistem operasi ini. Berikut ialah opsi yang mungkin :
  • Komputer atau tablet yang telah terinstal Windows 8
  • Sebuah PC atau tablet yang sedang menjalankan Windows 8.1 Preview
  • Pc dengan Windows 7
  • Sebuah PC yang menjalankan Windows Vista, XP, atau versi lebih awal
  • Sebuah PC tanpa Sistem operasi
dan untuk sistem dengan instalasi Windows yang tengah berjalan, Anda memiliki dua pilihan lebih lanjut yaitu: – jendela 8.1 (reguler) vs Windows 8.1 Pro
– 32-bit (RAM < 2GB) versus 64-bit (RAM>2GB) edition

Versi Pro menyediakan fitur bisnis seperti enkripsi disk dan bergabung dalam jaringan domain, dan kemampuan menginstal Windows Media Centre. Adapun memilih antara 32-bit atau 64-bit, pada titik ini yang paling masuk akal ialah menggunakan 64-bit, karena semua prosesor kontemporer dirancang untuk jalur data 64-bit. Namun, jika PC Anda saat ini menjalankan sistem operasi 32-bit, hanya memungkinkan melakukan instal baru  – dengan kata lain, tidak akan dapat menjalankan instal upgrade instalasi sebelumnya yang menyimpan data atau program terdahulu.

Upgrade dari Windows 8 adalah proses yang cukup otomatis, jadi kita fokus pada menginstal lewat disk image ISO. Windows 8 upgraders masih perlu memperhatikan 3 langkah berikutnya di bawah ini :
Langkah 1: Pastikan sistem Anda memenuhi persyaratan
Microsoft mencantumkan persyaratan sistem minimum untuk Windows 8.1 sebagai berikut :
  • Prosesor : 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan dukungan untuk PAE, NX, dan SSE2
  • RAM : 1 gigabyte (GB) (32-bit) atau 2 GB (64-bit)
  • Hard drive : 16GB ruang hard disk (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
  • Kartu Grafis : Perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM driver 1.0 atau lebih tinggi. Memanfaatkan input sentuhan membutuhkan layar yang mendukung multi-touch. Untuk menggunakan Windows apps Store, membutuhkan resolusi layar 1024 x 768 atau lebih besar dan aplikasi kamera memerlukan resolusi layar minimal 1366 x 768
  • Microsoft juga memiliki situs Compatibility Centre di mana Anda dapat memeriksa apakah setiap bagian tertentu dari perangkat keras atau perangkat lunak akan berjalan di bawah Windows 8.1. Anda mungkin harus menjalankan alat ini sebelum instalasi jika mengunduh installer dari Microsoft.

Langkah 2 : Dapatkan installer

Sebelum menginstal Windows 8.1, jelas harus punya installer. Untuk PC yang menjalankan Windows 8 atau 8.1 Preview, mendapatkan 8.1 installer akan menjadi masalah sederhana  dengan mengunjungi Windows Store dan memilih Windows 8.1 upgrade. Anda juga dapat mencoba Window 8.1 ISO file gambar disk. Jika sedang menggunakan Windows 8 atau 8.1 Preview, lakukan mount dan jalankan installer dari klik kanan dalam Windows. Tapi jika berada di OS Windows sebelumnya atau jika Anda tidak memiliki OS sama sekali, maka mesti burn DVD atau membuat USB stick bootable untuk instalasi. Pastikan mendapatkan installer sesuai dengan OS yang  anda inginkan : 32-bit atau 64-bit, reguler atau Pro.
Langkah 3 : Back up
Peringatan yang sama berlaku untuk semua upgrade OS  Karena perubahan sistem yang mendasar, mengharuskan Anda membuat cadangan data penting.

Langkah 4 :  membuat DVD installer atau bootable USB stick

Untuk Windows 8 atau 8.1 pengguna Preview, langkah ini tidak diperlukan, karena sistem operasi me-mount file disk image (sehingga bertindak seperti drive) dengan klik kanan. Setelah Anda men-download file disk image ISO selanjutnya membuat bootable DVD atau USB stick. Anda dapat membuat disk menggunakan utilitas seperti ImgBurn atau Disc Burn melalui opsi klik kanan Windows 7. Membuat bootable USB stick itu mudah dengan memakai USB Download Tool Microsoft; menentukan file dan target USB drive dan utilitas melakukan sisanya.

Bersambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *